Tips Hemat Belanja Buku



Tips yang akan saya berikan tidak ada hubungannya sama sekali dengan pengelolaan keuangan. Atau bagaimana mengatur anggaran untuk membeli buku. Ide ini murni penemuan saya, berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri.

Terus terang saya gelisah. Kian hari, kian minggu, kian bulan, tumpukan buku koleksi pribadi saya semakin menggunung. Tiap bulan ada puluhan hingga ratusan buku yang saya masukkan dalam daftar antrian untuk dibaca. ini tidak sebanding dengan buku-buku yang berhasil saya khatamkan. 
Misalnya, bulan ini saya menuntaskan 15 buku, sementara buku baru yang datang 50 buku. Kira-kira bisakah saya menyelesaikan membaca semua buku jika hal itu terus berulang?

Tentu tidak. Oleh karena itu, saya membuat aturan terhadap diri saya sendiri. Aturan ini membuat saya harus membatasi buku yang boleh masuk dalam daftar “koleksi buku yang antri untuk dibaca”. 
Berikut ini tipsnya.

1. Tumpuklah Buku-Buku yang Berhasil Dikhatamkan dalam Satu Bulan
Mulailah dari tanggal 1 setiap bulan. Setiap kali selesai membaca satu buku, letakkan dan jadikan satu tumpuk dengan buku-buku lain yang selesai dibaca bulan itu.

2. Tumpuklah Buku-Buku yang Dibeli dalam Satu Bulan
Sementara buatlah tumpukan di tempat yang berbeda. Tumpukan buku-buku yang dibeli selama bulan itu, yang akan masuk daftar antrian buku yang akan dibaca.

3. Bandingkan Dua Tumpukan di Akhir Bulan
Di akhir bulan, bandingkan tumpukan buku yang berhasil dikhatamkan dan tumpukan buku yang dibeli selama satu bulan. Jika tumpukan buku yang berhasil dikhatamkan lebih tinggi berarti Anda layak untuk membaca tumpukan buku yang dibeli selama satu bulan. Jika tumpukan buku yang berhasil dikhatamkan justru lebih rendah, maka aturannya: Anda harus menyingkirkan beberapa buku di tumpukan buku yang dibeli selama satu bulan. Sampai kedua tumpukan itu berimbang tingginya.

4. Jual Buku yang Tersingkirkan
Beberapa buku yang disingkirkan tadi bisa Anda jual kembali atau Anda jadikan hadiah. Ini karena Anda telah “berlebih” dalam membeli buku. Melebihi kemampuan Anda membaca dalam satu bulan.

5. Anda Akan Berhemat dalam Belanja Buku
Dengan aturan seperti ini, Anda akan berhitung kembali setiap mau membeli buku. Apakah tumpukan buku yang dibeli lebih banyak daripada buku yang selesai dibaca? sehingga akan menghemat pengeluaran Anda dalam belanja buku. Anda juga akan cenderung membeli hanya buku-buku terbaik, karena jatah belanja Anda dibatasi. Meski katakanlah Anda mampu untuk membeli lebih banyak. Cara ini juga membuat Anda lebih bersemangat dalam membaca, agar semakin banyak Anda menyelesaikan bacaan, semakin banyak pula Anda bisa membeli buku.

Silakan cara ini dicoba, saya yakin banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Belanja buku menjadi lebih hemat, membaca lebih cepat, dan berhitung untuk selalu membeli buku-buku bagus yang menurut Anda harus dibaca. [rafif]

Komentar (0)

Posting Komentar