Pegangan Penghulu, Bundo Kanduang, dan Pidato Alua Pasambahan Adat di Minangkabau

gambar produk
Rp 45.000
Judul: Pegangan Penghulu, Bundo Kanduang, dan Pidato Alua Pasambahan Adat di Minangkabau
Penulis: H Idrus Hakimy Dt Rajo Penghulu
Penerbit: Remadja Karya
Cetakan 1, 1984
190 halaman
Kondisi bekas, bagus
Harga: 45.000
Stok: 1 eks

Kepemimpinan nini-mamak di nagari-nagari di sumatra barat sangat penting artinya dalam mensukseskan pembangunan dalam segala bidang terutama dalam lingkungan anak kemenakan dan koroang kampung. hal inipun telah dilaksanakan secara baik dengan hasil yang positif semenjak dahulu sampai sekarang.

Tapi sangat disayangkan, kepemimpinan yang baik ini telah dirusak oleh penjajahan di zaman yang lampau, sehingga tidak kurang pula menimbulkan efek-efek negatif karena penyalahgunaan dan kepemimpinannya itu, yang akhirnya mengakibatkan semakin berkurangnya kewibawaan ninik-mamak di sebagian besar nagari di Sumatra Barat.
daftar isi: Penghulu, tugas penghulu, sako-pusako-sangsako, tugas pokok penghulu sehari-hari dalam nagari, bundo kanduang, keutamaan bundo kanduang, sifat-sifat bundo kanduang, martabat bundo kanduang, larangan dan pantangan bundo kanduang, tugas dan kewajiban bundo kanduang, pembagian wanita di minangkabau, sumbang salah menurut adat, sifat-sifat manusia menurut adat, pengetahuan adat minangkabau, dll

Posting Komentar