Questions of the Book


Oleh Aisy

Jika ada yang bertanya tentang apa pertimbangan kalian sebelum membeli buku, bagaimana kalian akan menjawabnya? Pertimbangan harga karena pembelian buku sangat bergantung pada budget harian, atau seberapa menarik review dari orang-orang yang telah selesai membacanya atau mungkin kemenarikan desain cover yang terkesan "segar" ?

Apapun itu, pertimbangan pertama kita dalam membeli buku, sebenarnya itulah yang menjadi skala prioritas terbesar kita dalam memilih sebuah buku. Jika pertimbangan kita adalah isinya yang biasa kita ketahui dari ulasan blurb, artinya dalam memandang sebuah buku yang kita prioritaskan adalah "nilai kualitasnya". Kita akan memilih buku-buku yang memang mempunyai kualitas dan berbobot bagi pembaca. Tetapi jika akhirnya kita juga memiliki pertimbangan lain, seperti budget, cover, siapa penulisnya, dan lain sebagainya. Itu semua pasti hanya menjadi faktor pendukung saja yang nantinya akan menambah hasrat pembaca untuk memilikinya.

Namun tak jarang, seorang pecandu buku yang masih berstatus pelajar, mahasiswa atau mereka yang belum bekerja akan menjadikan pertimbangan dalam membeli sebuah buku adalah harga. Karena memang skala prioritas mereka masih dalam takaran mengumpulkan uang saku demi untuk mendapatkan satu buah buku. Tentu tidak ada yang salah dalam  pertimbangan setiap individu memilih buku yang akan mereka beli untuk dinikmati kemudian hari.

Bagi saya pribadi, pertimbangan pertama dan paling utama dalam memilih sebuah buku yang entah akan dibeli atau akan dibaca, adalah melihat sisi "kebermanfaatannya". Biasanya sebelum memutuskan untuk membelinya, akan selalu muncul pertanyaan dalam benak saya: "Apa yang saya dapatkan jika saya membaca buku ini?" atau pertanyaan sederhana seperti "Kenapa saya harus membacanya?"

Jika jawabannya cuma untuk hiburan dan mengisi waktu luang (kalo sempet aja dibaca), saya akan menaruhnya kembali ke rak semula. Dan mulai berkelana mencari "berlian" yang saya inginkan di antara tumpukan buku-buku di sana. Saya mungkin termasuk orang yang sangat pemilih dan idealis untuk menentukan buku mana yang memang perlu dibeli dan harus saya baca. Karna untuk menyelesaikan sebuah buku kita harus mengorbankan waktu, materi, pikiran dan tenaga. Jadi jika membeli buku hanya untuk cuma-cuma terlebih jika kita tidak memiliki ketertarikan untuk menyelesaikannya, bagi saya itu percuma saja. Sebab membeli buku itu yang terpenting harus bermanfaat untuk pembacanya dan bisa dikoleksi untuk kemudian dijadikan referensi, jika sewaktu-waktu kita membutuhkannya lagi.

Oleh karenanya jika saya ditanya, "Mengapa bisa begitu suka membaca?" Maka jawabannya adalah karena saya memilih buku yang saya suka untuk saya baca. Jadi tidak ada alasan bagi saya untuk tidak menyelesaikannya. Dan akan selalu ada semangat untuk saya kembali padanya, lalu berkutat dengan setiap lembar halamannya. Sebenarnya itu juga bisa menjadi formula bagi para pembaca buku yang ingin memulai hobinya untuk membaca. Jika ingin merasa "candu" dengan sebuah buku, maka pilihlah "bukumu".

Buku yang bisa menjadikanmu masuk ke dalam dunianya. Buku yang ketika kamu bersamanya, sekelilingmu menjadi terlena dan masuk ke dalam dunia fantasi yang begitu kaya akan ilmu yang kau cari selama ini. Maka pasti kita tak perlu lagi merasa harus membaca, karena memang sebenarnya kita sudah ingin membaca dan wajib membacanya.

Selamat mencoba!

*Pecinta buku, tinggal di Gresik

Posting Komentar